Wisewomeninvestor.COM
Informasi Bijak Investasi
Menu

Saham Blue Bird Naik Setelah Terpilih Sebagai Penyedia Mobil Untuk Raja Salman 04/03/2017

Saham dari salah satu perusahaan penyedia transportasi di Indonesia yaotu PT Blue Bird melaju naik sepanjang hari ini. Naiknya harga saham Blue Bird tergolong tidak diduga karena pada IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan memerah pada saat yang bersamaan.

Pada sore Jumat, saham yang memiliki kode emiten BIRD tersebut ditutp menguat 140 poin ke level 4.030 atau naik sekitar 3,6 persen. Penguatan harga saham BIRD telah terjadi beberapa hari sebelumnya. Hal ini dikarenakan Blue Bird memenangkan kontrak perusahaan transportasi yang ditunjuk sebagai penyedia mobil VIP untuk rombongan Raja Arab Saudi, Raja Salman. Mobil VIP tersebut berjumlah 600 unit dan terdiri dari jenis Mercedes dan Alphard yang akan melayani rombongan Raja tersebut selama kunjungannya di Indonesia pada 27 Februari 2017 hingga 10 Maret 2017.
Saham Blue Bird Naik Setelah Terpilih Sebagai Penyedia Mobil Untuk Raja Salman
Menurut analisis dari MNC Securities, Edwin Sebayang menjelaskan bahwa saham BIRD menguat karena didorong oleh sentimen kontrak tersebut sehingga kedepannya memiliki potensi untuk turun kembali. Edwin Sebayang menjelaskan bahwa investor akan kembali memperhatikan kinerja keuangan dari Blue Bird.

Walaupun saham Blue Bird telah melakukan ekspansi dengna melakukan kerja sama dengan beebrapa peneydia aplikasi online guna menggarap segmen pengguna aplikasi akan tetapi Edwin melihat bawha pertumbuhan dari kinerja Blue Bird tetap akan melambat pada tahun ini. “Terdapat perbaikan dari tahun lalu akan tetapi untuk full year masih cukup berat karena pertumbuhannya masih lambat,” kata Edwin.

Selain itu, tahun ini bisnis transportasi terutama taksi dan kendaraan VIP lainnnya masih sangat ketat. Para pemain besar seperti Blue Bird dan Express Transindo Utama telah mulai menggandenga perusahaan aplikasi transportasi online sepertu Uber dan Gojek.

Saat ini telah terdaapt 5 ribu taksi BIRD yang terpasang pada aplikasi Gojek. Blue Bird dan Gojek sendiri telah menargetkan sekitar 20 ribu taksi akan terkoneksi dengan sistem online. Saat ini Blue Bird memiliki armada sebesar 23 ribu taksi sedangkan Ekspres mencapai 11 ribu.